Sejarah Restoran Super Cepat Saji

Sejarah Restoran Super Cepat Saji

sejarahdunia.web.id Banyak yang berfikir kapan kita bisa makan cepat,dulu orang mungkin berfikir untuk menunda lapar mereka ingin makan dengan cepat,maka itu dibuat lah restoran cepat saji. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Sejarah Restoran Super Cepat Saji Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Sejarah Restoran Super Cepat Saji

Saat membayangkan makanan cepat saji atau fast food, pikiran kita pasti akan tertuju pada burger. Tapi, awal mula makanan cepat saji tersebut teryata bukan bermula dari restoran burger gaya Amerika yang ada sekarang. Sejarah mencatat bahwa makanan cepat saji berawal dari zaman Romawi Kuno. Kehidupan kaum urban di zaman tersebut telah membuat munculnya banyak apartemen bertingkat, yang hanya memiliki area dapur yang sempit atau tidak ada sama sekali. Oleh karena itu, banyak bermunculan pedagang kaki lima dan restoran yang menjual makanan. Lalu pada abad pertengahan, makanan cepat dan murah banyak tersedia di kota-kota besar di Eropa, termasuk London dan Paris yang menjual makanan cepat saji untuk penduduk lokal dan turis hingga saat ini

Mengunjungi tempat suci menjadi populer dan sektor pariwisata mengalami perkembangan pesat daripada sebelumnya. Makanan cepat saji yang murah inilah yang kemudian menjadi favorit dan populer di kalangan wisatawan. Abad ke 20 menjadi awal mula munculnya restoran cepat saji. Restoran cepat saji ini pertama kali berdiri di Amerika pada tahun 1912 dan merupakan jenis automat atau restoran yang menggunakan mesin penjual untuk melayani pelanggannya dan dioperasikan dengan koin. Inilah yang kemudian membuat automat muncul di seluruh dunia. McDonald’s memang restoran cepat saji yang terkenal. Namun, restoran tersebut bukan restoran cepat saji pertama di dunia ini. Restoran cepat saji pertama adalah White Castle, yang menyediakan hamburger dan berdiri di Kansas pada tahun 1916. Tahun 1919, Roy W. Allen dan Frank Wright mendirikan A&W yang menerapkan layanan drive true untuk pertama kalinya di Sacramento, California.

Baca Juga : Sejarah Sabun Dunia

Tahun 1923, mereka mulai menjual sistem franchise yang menyediakan hamburger, kentang goreng dan hotdog. Tahun 1960, A&W tersebar di 2000 tempat dan memiliki 1200 restoran hingga saat ini. Lantas, bagaimana makanan cepat saji bisa menyebar ke seluruh dunia? Tahun 1950an, industri makanan cepat saji terus mengalami perkembangan yang pesat. Restoran cepat saji terus melakukan kolaborasi dan penyempurnaan strategi pemasarannya.

Waralaba makanan cepat saji telah menjadi tempat makan yang populer dengan begitu mudahnya. Berkat menu standar mereka, tanda yang mudah dikenali dan strategi periklanan terpadu membuat nama merek dari restoran cepat saji seperti White Castle, McDonald’s, A&W Root Beer dan Howard Johnson’s menjadi terkenal. Istilah makanan fast food mulai diabadikan di Amerika lewat kamus Merriam-Webster pada tahun 1951. Tahun tersebut juga menjadi penanda sejarah ketika McDonald’s menjadi makanan pokok warga Amerika yang mengidentikkan logo McDonald’s dengan hamburger. Pada tahun 1960an, sejarah makanan cepat saji menjagi bagian penting ketika mereka menambahkan menu anak-anak sebagai bagian standar dari beberapa rantai restoran dan pengiklan yang berfokus pada upaya pemasaran makanan anak-anak. Sejak saat itu, makanan cepat saji semakin menjadi favorit untuk semua kalangan.

Related posts