Sejarah Perkembangan Wing Chun Di Dunia

Sejarah-Perkembangan-Wing-Chun-Di-Dunia

sejarahdunia – Jika kamu mendengar nama aktor bela diri legendaris Bruce Lee, pastinya salah satu hal yang berbesit adalah seni bela diri Wing Chun. Seni bela diri ini sering dipertontonkan oleh Bruce Lee dalam film-filmnya laga yang dirinya perankan. Hal yang paling menonjol dari seni bela diri asal Tiongkok ini adalah kecepatan serangan serta ketangkasan dalam mematikan pergerakan lawan.

Bila dirunut lagi, tentu kamu tahu tahun film asal Hong Kong yang berjudul Ip Man. Film yang dibintangi oleh aktor laga Hong Kong Donnie Yen tersebut, menceritakan seorang ahli ilmu bela diri Wing Chun bernama Ip Man. Ip Man merupakan salah satu guru Bruce Lee dalam mempelajari bela diri Wing Chun dan dikenal memiliki gerakan-gerakan yang indah serta mematikan.

Gerakannya yang cepat dan mematikan serta memiliki keindahan, membuat banyak orang yang ingin mempelajari teknik bela diri Wing Chun. Sebelum kamu mempelajari Wing Chun, ada baiknya kamu tahu bagaimana sejarah ilmu bela diri tersebut.

Sejarah Wing Chun

Wing Chun sendiri dalam Bahasa Tiongkok dapat berarti nyanyian musim semi atau musim semi abadi. Dalam sejarahnya, Wing Chun disebut lebih banyak diceritakan secara turun temurun layaknya mitos dan legenda, yang tidak pernah diketahui siapa dan kapan ilmu bela diri tersebut diciptakan. Namun, ada satu cerita yang paling diyakini oleh masyarakat Tiongkok tentang asal muasal Wing Chun.

Ilmu bela diri yang identik dengan kecepatan serangan dari jarak dekat tersebut diciptakan oleh seorang pendeta wanita bernama Ng Mui, pada masa pemerintahan Kaisar Yung Cheng I dari Dinasti Qing, sekitar tahun 1723-1736. Wing Chun adalah sebuah seni bela diri yang fokus pada pertarungan jarak dekat dengan menggunakan kecepatan pukulan, tendangan dan pertahanan yang ketat.

Baca Juga : Sejarah Perkembangan Komik Di Dunia

Perkembangan Wing Chun di Dunia

Mendunianya seni bela diri Wing Chun tidak bisa lepas dari nama Bruce Lee. Sebab sosok tersebutlah yang memperkenalkan seni bela diri tersebut kepada dunia. Lewat film-film laga yang diperankan olehnya, Bruce Lee memberikan pertunjukan aksi bela diri yang cepat, akurat dan tentunya menghibur banyak orang khas Wing Chun.
Secara tidak langsung, Bruce Lee mempromosikan pada dunia seni bela diri Wing Chun pada dunia lewat film. Dari sekian banyak warisan yang ditinggalkan oleh Bruce Lee, nama seni bela diri Wing Chun merupakan salah satu hal yang paling diingat oleh para fansnya.

Perkembangan Wing Chun di Indonesia

Di Indonesia, Wing Chun sudah menjadi salah satu pilihan ilmu bela diri yang sangat diganderungi oleh masyarakat kita, selain ilmu bela diri macam Muay Thai, Wushu, Kung Fu maupun silat. Selain untuk kesehatan, seni bela diri ini bisa disebut sebagai gaya hidup masyarakat masa kini.

Bahkan, di Indonesia saat ini sudah ada federasi yang menaungi para atlet maupun perguruan-perguruan Wing Chun yang berada di Indonesia. Setidaknya sudah ada 7 perguruan Wing Chun yang terdaftar sebagai anggota dari federasi Wing Chun di Indonesia. Perguruan tersebut tersebut dari Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Dalam mengembangkan bakat dan potensi atlet, federasi Wing Chun di Indonesia rutin mengadakan turnamen sejak tahun 2016 yang lalu. Terakhir, pada 2018 lalu, turnamen Wing Chun tingkat nasional diadakan di GOR Amongraga, Yogyakarta pada 3-4 November.

Jadi, apa kamu tertarik untuk mempelajari bela diri Wing Chun seperti Bruce Lee?

Related posts