Beberapa Kota Tua Bersejarah di Seluruh Dunia

Beberapa Kota Tua Bersejarah di Seluruh Dunia

Sejarahdunia.web.id – Dunia selalu meninggalkan jejak masa lalu. Dapat berupa suatu karya atau peninggalan sejarah yang akan menjadi torehan kenangan untuk masa berikutnya. Begitu juga dengan beberapa kota tua bersejarah dari berbagai penjuru dunia ini yang tak lekang oleh waktu. Kota-kota tua ini, menjadi saksi bisu berdirinya suatu tempat, kekuasaan, peperangan dan lainnya. Mau tahu apa saja? Berikut dibawah ini akan kami bahas mengenai beberapa kota tua bersejarah di seluruh dunia yang masih menakjubkan sampai saat ini :

1. Yerusalem
Yerusalem, kota tua yang namanya tidak pernah habis untuk dibahas oleh semua orang dari segala penjuru dunia. Kota cantik yang singgah diantara kedua negara ini selain menjadi kota tertua, Yerusalem adalah kota yang dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu tempat tersuci di dunia.

Yerusalem menjadi situs yang sangat penting bagi tiga agama yaitu Yahudi, Islam dan Kristen.

2. Yerikho
Kota tua yang berada di Wilayah Palestina dan letaknya dekat dengan Sungai Yordan ini, dalam Alkitab Ibrani digambarkan sebagai Kota Pohon Palem. Pada tahun 1949 hingga 1967, Kota Yerikho pernah ditempati oleh orang Yordania. Hingga akhirnya di tahun 1994, kota ini diberikan hak sepenuhnya kepada Pemerintah Palestina.

Disini, para Arkelog dunia menemukan sisa-sisa lebih dari 20 pemukiman tua yang bisa dipastikan sudah ada sejak 11.000 tahun atau 9000 sebelum masehi.

3. Aleppo
Gambar diatas adalah bukti betapa cantiknya Kota Aleppo sebelum terjadi perang. Aleppo adalah salah satu kota tertua di dunia yang telah dihuni sejak abad ke-6 SM. Penggalian di Tell as-Sawda dan Tell al-Ansari menjadi saksi bahwa Kota Aleppo masuk dalam kategori kota tertua dan pernah dihuni oleh Orang Amori setidaknya sejak akhir abad ke-3 SM.

Selama berabad-abad, Aleppo adalah kota terbesar di wilayah Suriah dan menjadi kota dibawah Kekaisaran Ottoman terbesar ketiga setelah Konstantinopel dan Kairo. Kini, Aleppo menjadi kota penuh duka akibat perang bersaudara yang telah berlangsung sejak tahun 2012.

4. Athena
Berada di negara para Dewa, Yunani. Athena adalah salah satu kota tertua dan terpanjang di Benua Eropa. Kota yang penuh dengan infrastruktur peninggalan Yunani kuno ini, menjadi kota terkemuka sejak milenium pertama SM.

Athena pernah mengalami kemunduran selama abad pertengahan hingga pulih kembali semenjak Kekaisaran Bizantium. Pada abad ke-19 Athena ditetapkan sebagai ibu kota negara Yunani.

5. Beirut
Beirut terletak di negara tempat lahir seniman, penyair sekaligus penulis terkenal Kahlil Gibran, Lebanon. Selain masuk dalam kategori kota tertua di dunia, Beirut adalah pusat perekonomian dan industri terbesar di Lebanon.

Kota Beirut telah ada sekitar 3000 tahun SM. Di tahun 1975 – 1990, terjadi konflik saudara di Lebanon yang membuat sebagaian besar tempat di Beirut hancur. Sebelum Perang, kota Beirut pernah mendapat julukan “Paris di Dunia Timur” karena suasana kosmopolitannya.

6. Gaziantep
Kota Gaziantep berada di Negara Turki dan menjadi kota tertua di dunia. Dipusat kota ini, berdiri Benteng Gaziantep dan benteng Ravanda, yang menjadi tempat perlawanan para nasionalis Turki terhadap penduduk Eropa.

Letaknya yang strategis, menjadikan Gaziantep sebagai jalur perdagangan kuno. Penemuan fragmen tembikar yang dilakukan oleh para Arkeolog, menunjukkan jika pemukiman yang berada di Kota Gaziantep telah ada pada milenium ke-4 SM.

7. Cadiz
Cadiz dianggap oleh banyak orang sebagai kota tertua yang paling ramai di Eropa Barat. Kota ini pernah ditemukan oleh arkeologis pada tahun 3100. Dan menjadi pelabuhan utama Angkatan Laut Spanyol sejak aksesi Bourbon Spanyol pada abad ke-18.

Walaupun menjadi kota tertua, wilayah Cadiz tak pernah luput perhatian untuk terus dirawat dengan baik dan menjadi lokasi wisata yang menarik sepanjang mata memandang. Selain bangunan tua yang masih berdiri kokoh, kota ini juga dipenuhi dengan banyak tanaman salah satunya adalah pohon raksasa yang konon dibawa ke Spanyol oleh Columbus.

Baca Juga : Beberapa Situs Warisan Dunia UNESCO di Korea Selatan

8. Plovdiv
Plovdiv adalah kota tertua dan terbesar kedua di Bulgaria. Kota ini adalah tempat pusat ekonomi, transportasi, budaya, dan pendidikan. Banyak bukti jika Plovdiv bagian dari kota tertua di dunia, salah satunya adalah pemukiman Neolitik pertama yang didirikan pada abad ke-6 SM.

Dahulu, Plovdiv dikenal dengan nama Philippopolis setelah Philip II dari Makedonia menaklukkan kota ini pada abad ke-4 SM.

9. Balkh
Balkh adalah kota tua di Negara Afganistan. Kota ini dahuluI merupakan pusat kuno Buddhisme, Islam, dan Zoroastrianisme. Balkh dianggap sebagai kota pertama di mana suku-suku Indo-Iran pindah dari utara Amu Darya, antara tahun 2000 dan 1500 SM.

Marco Polo menggambarkan Balkh sebagai kota yang mulia dan hebat. Peninggalan sejarah yang masih tersisa hingga saat ini di Balkh seperti kuil Budha dan tempat-tempat suci lainnya.

10. Varanasi
Tempat ziarah utama bagi umat Hindu dan termasuk kota tertua di dunia ini terletak di negara India. Varanasi sering disebut juga sebagai Benares. Mark Twain, seorang penulis asal Amerika mengatakan jika Benaras lebih tua dari sejarah, lebih tua dari tradisi, lebih tua dari legenda dan terlihat dua kali lebih tua dari yang mereka kumpulkan.

Kota ini merupakan pusat pembelajaran dan peradaban selama lebih dari 3000 tahun. Varanasi telah menjadi simbol kebangkitan Hindu. Pengetahuan, filsafat, budaya, pengabdian kepada Dewa, seni dan kerajinan India telah berkembang di sini selama berabad-abad. Juga tempat ziarah bagi Jain, Varanasi diyakini sebagai tempat kelahiran Parsvanath, Tirthankar ke dua puluh tiga.

Related posts